curhat pelaut Weblog

Just another WordPress.com weblog

PROSEDURE PENANGGULANGAN KEBAKARAN

Posted by suryamasmbe pada Maret 4, 2008

Sekarang ini ISM Code sudah tidak asing lagi di telinga para pelaut  karena sistem manejemen perusahaan pelayaran sekarang di wajibkan untuk menerapkan sistem ini demi kelancaran operasional dan keselamatan kapal.
Salah satu yang ada di dalam ISM Code adalah :
PROSEDURE PENANGULANGAN KEBAKARAN 
  • PROSEDURE
  • PENINJAUAN ATAS KEJADIAN TERSEBUT
  • TINDAKAN YANG DIPERLUKAN
1. Kurangi kecepatan dan/atau hentikan mesin induk dan bunyikan sinyal darurat.
2. Cari dan temukan lokasi kebakaran.
3. Periksa kemungkinan terjadinya kebocoran minyak atau polusi lainnya.
4. Periksa jika ada yang cedera dan berikan pertolongan pertama jika perlu.
5.Padamkan api dan hindari supaya tidak menyebar.
6.Siapkan pemancar tanda bahaya supaya dapat digunakan.
NB : Jika di pelabuhan – hentikan pekerjaan pemuatan, evakuasi petugas darat,
pasang kabel pemadam, siapkan mesin induk dan hubungi pihak pelabuhan dan
padamkan api.
CENTRAL CONTROL TEAM (C/T)
1. Tentukan posisi kapal dan catat segala pergerakan dan kejadian.
2.Kumpulkan laporan komunikasi dan pantau keadaan cuaca.
3.Hubungi DPA dan jelaskan keadaan.
4.Periksa kemungkinan kapal tenggelam, pecah atau terbalik.
5.Pasang isyarat-isyarat bahaya dan pancarkan berita darurat.
6. Hubungi pihak yang berwenang jika bantuan darat diperlukan.
ACTION TEAM (A/T)
1.Cari dan temukan sumber api dan lapor kepada C/T
2.Padamkan api dan hindari supaya tidak menyebar.
3.Periksa kemungkinan polusi dan ambil tindakan seperlunya.
4.Periksa stabilitas dan tekanan luar atas kapal.
5.Periksa besarnya kerusakan terhadap kapal dan/atau muatan.
SUPPORT TEAM (S/T)
1.Mengambil alih tugas pengendalian di kamar mesin.
2.Melaporkan keadaan mesin induk danperalatan pendukungnya kepada C/T.
3.Hentikan blower dan pisahkan aliran listrik jikaperlu.
4.Membantu A/T sesuai petunjuk.
EMERGENCY TEAM (E/T)
1. Memberikan pertolongan pertama
2.Menyiapkan sekoci penolong.
3.Menutup semua pintu kedap dan lubang angin.
4. Membantu sesuai petunjuk.
Seperti yang kita baca tadi Di kapal di bagi menjadi beberapa Team yaitu :
  1. CENTRAL CONTROL TEAM (C/T)
  2. ACTION TEAM (A/T)

  3. SUPPORT TEAM (S/T)

  4. EMERGENCY TEAM (E/T)

NB : Anggota anggota dari team tersebut semuanya tersusun dalam master list.
          semoga  bermanfaat bagi kawan kawan pelaut. GBU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: